Senin, 23 Oktober 2017

KONTEKS

Halo semua! Ini adalah posting blog yang pertama kali dan aku akan membahas tentang konteks secara umum. Nah, apa maksud dengan "konteks"? Menurut KKBI, konteks adalah "situasi yang ada hubungannya dengan suatu terjadian. Dimensi pemilihan waktu atau tempo suatu konteks meliputi hari dan rentetan peristiwa yang dirasakan terjadi sebelum peristiwa komunikasi.

Jenis-jenis konteks yaitu...
  • Konteks sejarah
  • Konteks budaya
  • Konteks sosial
Konteks sejarah
Konteks sejarah adalah menceritakan histori di pengaturan dari si penulis.
contoh: 

Zaman Kutai pada tahun 400 M Indonesia memasuki zaman sejarah dengan ditemukannya prasasti yang berupa 7 yupa (tiang batu) . Menurut prasasti tersebut Raja Mulawarman mengadakan kenduri dan memberi sedekah kepada para Brahmana. Dalam zaman kuno (400-1500) terdapat dua kerajaan yang berhasil mencapai integrasi dengan wilayah Indonesia adalah kerajaan Sriwijaya di Sumatera dan Majapahit di Jawa.

Konteks budaya 
konteks budaya adalah keseluruhan budaya atau situasi nonlinguistis tempat sebuah komunikasi terjadi.
contoh:

Korupsi sebagai kejahatan pencurian uang dalam bentuk penyalahgunaan wewenang, memiliki arti yang sangat luas. Jika korupsi dilihat dari sudut pandang budaya, maka pengertian korupsi memiliki dimensi tradisi atau kebudayaan. Beberpa ahli mengemukakan pendapat bahwa tindakan korupsi sekarang ini bukan sebagi fenomena penyimpangan, namun telah manjadi tindakan yang masif terjadi dan telah menjadi budaya.

Konteks sosial 
Konteks sosial adalah gagasan yang digunakan dalam ilmu bahasa seperti linguistik, sosiolinguistik, dll. Dalam dua cara yang berbeda, yaitu sebagai lisan konteks (verba).
contoh:

Kita melihat di Indonesia kelas sekelompok pejabat yang mempunyai kedudukan tinggi. Tetapi ragam bahasanya justru nonbaku. Ragam bahasa mereka dapat dikenali dari segi lafal mereka, yaitu akhiran –kan yang dilafalkan –ken. Jadi perbedaan atau penggolongan kelompok masyarakat manusia tercermin dalam ragam bahasa golongan masyarakat itu. 


Apa ada buku novel tentang sejarah seperti perang Dunia Kedua? tentu saja! Pancasila dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia ini dengan penuh kemudahan, tanpa pertolongan,  mungkin makalah ini tidak dapat kami selesaikan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar