Minggu, 22 Oktober 2017

#1 "Konteks"

Halo semua, ini adalah blog pertama saya yang akan membahas tentang "Konteks". Sebelum membahas lebih jauh, apa yang kamu tau tentang konteks? Apa kamu tau jenis jenis konteks? Konteks adalah kondisi dimana duatu kejadian terjadi. Hal itu memiliki tiga jenis yang berbeda yang bisa digunakan untuk landasan dalam berpidato, membuat buku, cerita dan masi banyak lagi.

Jenis jenis "Konteks"

Konteks Sejarah
Konteks ini merupakan konteks yang menceritakan tentang riwayat atau histori yang terkenang dan penting bagi si penulis dan pembaca.

Contoh dari konteks Sejarah; Makalah yang di buat dan diedarkan pada tahun 2011 dan di publikasiakan oleh Mas Templete. Disana penulis membahas tentang Sejarah Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. 

http://punyalurjaf.blogspot.co.id/2014/02/makalah-pancasila-dalam-konteks-sejarah.html

Konteks Budaya
Konteks ini merupakan jenis yang menceritakan tentang kebudayaan dan ciri khas dari apapun. 

Contoh dari Konteks Budaya; Penerjemahan dan Budaya yang di ciptakan pada hari Minggu, 4 Oktober 29, dimana penulis membahas bahasa Ingris yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dan membahas tentang Budaya bahasa yang digunakan oleh si penulis

http://dion-zydion2i.blogspot.co.id/2009/10/karya-ilmiah-penerjemahan-dan-budaya.html

Konteks Sosial
Konteks Sosial merupakan gagasan yang digunakan dalam ilmu bahasa dalam dua cara yang berbeda, yaitu sebagai lisan konteks dan konteks sosial.
  • Konteks Lisan - membahas tentang teks disekitar dan berbicara dari sebuah ekspresi
  • Konteks Sosial - membahas secara traditional atau bisa di istilahkan sebagai variable sosial objectif (kelas, gender atau ras)
Contoh dari Konteks Budaya; Ilmu Keperawatan Dasar, dibuat pada hari Sabtu, 15 September 2015. Dimana makalah ini membahas tentang keanekaragaa masyarakat dan social budaya Indonesia.

Semua contoh dari pada konteks konteks tersebut sangat mempengaruhi dan menginspirasi banyak pembaca termasuk saya sendiri. Bentuk pengaruh yang sangat jelas ditujukan oleh pembaca dengan cara menulis apa yang mereka fikir tentang contoh contoh konteks diatas di kotak komen yang sudah tersedia. Mereka juga menuliskan saran yang menurut mereka lebih cocok dalam penulisan. Menurut saya, contoh konteks diatas sangat berpengaruh pada diri saya sendiri karena dengan ini saya dapat mengingat sejarah dan budaya yang sudah tenggelam akibat teknologi yang kini sudah sangat moderin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar