Senin, 30 Oktober 2017

#2 "Obrolan Siang Bolong"

Halo semua! kembali lagi di blog saya. Ini adalah blog kedua saya yang akan membahas cerita berbahasa Ingris yang diartikan dalam Bahasa Indonesia. Kalian tahu gak, ternyata sebagian imaji dalam Bahasa Indonesia sangatlah berbeda dengan imaji Bahasa Ingris. Minggu lalu tanggal 17 Oktober 2017, saya membaca cerita “Hills like white elephants” karya dari Ernest Hemingway yang  jika di terjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi “Bukit seperti Gajah Putih” tetapi disini, tertulis bahwa judulnya adalah “Obrolan Siang Bolong”

Di dalam cerita pendek ini, saya dapa meng interpretasikan simbol simbol yang di tunjukan pada si penulis seperti;

“Bukit bukit itu bentuknya seperti gajah putih,” kata si gadis

Dalam pengertian di negara Amerika Gajah Putih menunjukan/ mengarah ke hal buruk yang tidak diinginkan siapa pun, tetapi pengertian Gajah Putih di Indonesia tidak berarti apapun.

“Sebaiknya aku membawa koper koper kita ke sisi stasiun sebelum kereta tiba,” kata si pemuda

Dalam kutipan ini, menunjukan bahwa pasangan tersebut merupakan orang yang suka menjelajahi dunia. Hal ini dapat kita ketahui melalui ucapan ucapan yang di gunakan seperti sudah biasa dalam hal transportasi dan sangat santai meski ingin berpergian jauh.

Dalam cerita pendek yang saya baca ini, kesimpulan yang saya dapat adalah mereka sedang membicarakan tentang aborsi yang sangat memberatkan hati kedua belah pihak. sang pemuda ingin si gadis untuk melakukan aborsi tetapi cara yang ia lakukan seperti tidak memaksa sang gadis. sedangkan si gadis sangat takut jika tidak melakukan aborsi, ia akan di tinggalakan oleh si pemuda. di sisi lain, si gadis takut melakukan aborsi karna itu dapat merenggut nyawa nya.


Hemingway menggunakan terknik bercerita yang dapat memberi kebebasan luas terhadap pembaca untuk menginterpretasikan inti dari cerita. menurut saya, cerita yang ia buat sangat membingungkan. saat saya membaca, saya sangat tidak mengerti apa yang sedang si pemuda dan si gadis bicarakan. teknik ini memang dapam mumbuat kita berfikir luas, tetapi jika kita berdiskusi dengan teman teman, kita pasti akan mengerti dengan apa isi dari cerita tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar